Employee development merupakan hanya satu dari banyak fungsi yang harus dijalankan oleh departemen. Employee development bukan hanya bertujuan agar perusahaan dapat terus berkembang dan meningkatkan produktivitas saja, melalui employee development perusahaan dapat mempererat ikatan antara perusahaan dan karyawan.

Seperti yang kita tahu, karyawan merupakan aset berharga perusahaan, terutama karyawan yang memiliki kompetensi tinggi. Tidak sedikit karyawan yang memilih untuk meninggalkan sebuah perusahaan karena tidak diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan atau minat mereka, hal ini membuat karyawan merasa tidak diperhatikan oleh perusahaan dan memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.

Sebagai departemen yang bertanggung jawab atas fungsi employee development, departemen HR seringkali disibukkan oleh tugas – tugas lain dari fungsi – fungsi penting lainnya, sehingga tak jarang departemen HR melewatkan untuk menjalankan fungsi employee development.

Bagaimana dengan perusahaan Anda, apakah fungsi ini berjalan dengan baik? Atau departemen HR Anda masih disibukkan oleh rumit dan panjangnya tugas – tugas lain? Jika iya, maka perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan potensi karyawan.

Agar departemen HR perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan mampu menjalankan setiap fungsinya dengan baik, maka perusahaan perlu membuat sistem informasi manajemen sumber daya manusia yang tidak hanya meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja departemen HR, tapi juga menyederhanakan kegiatan operasional perusahaan.

Saat ini sudah banyak aplikasi atau program yang dapat membantu manajemen SDM perusahaan, seperti Pagawe, Gadjian, Talenta, atau Bamboo HR. Aplikasi Pagawe misalnya, tidak hanya membantu memudahkan proses absensi hingga pembayaran gaji saja, aplikasi ini juga selain manganalisa kinerja karyawan seperti BSC, manajemen juga dapat merencanakan pengembangan karir dan potensi karyawan.

Melalui aplikasi HRIS  Pagawe departemen HR tidak hanya dapat menjalankan fungsi employee development dengan baik, tapi juga mengoptimalkan fungsi-fungsi lain tidak hanya di departemen HR saja. Di era digital seperti sekarang pengembangan karyawan serta digitalisasi sistem manajemen sangat penting untuk keberlangsungan serta pengembangan perusahaan. Jadi, mulai kembangkan potensi karyawan perusahaan dan juga digitalisasi sistem manajemen perusahaan agar mampu bersaing di era digital.