Di era digital seperti sekarang ini Website memang sangat penting demi kemajuan semua usaha dalam bidang apapun, tidak terkecuali bidang kesehatan. Jika kita melihat trend pencarian selama 5 tahun terakhir, pencarian dengan kata kunci kesehatan dan penyakit cenderung mengalami peningkatan. Tingkat kesadaran masyarakat akan informasi terkait kesehatan yang semakin tinggi memicu semakin banyaknya pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang mulai membangun saluran di dunia digital seperti dengan membuat website ataupun melalui media sosial.

Meskipun informasi mengenai kesehatan dapat dengan mudah didapatkan entah melalui blog, saluran berita online, ataupun media sosial, namun tidak semua informasi merupakan informasi yang valid atau kredibel, bahkan tanpa sumber yang jelas. Kebenaran dari informasi kesehatan merupakan hal yang sangat penting, disinilah peranan website bagi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Dengan menggunakan entitas digital resmi seperti website, pelayanan kesehatan dapat lebih berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan informasi – informasi kredibel melalui website mereka.

Lalu, apakah peranan website hanya sebagai saluran informasi atau hanya untuk meningkatkan kredibilitas pelayanan kesehatan di dunia digital saja? Tentu saja tidak, selain sebagai saluran informasi, saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, masyarakat tidak lagi hanya mendapatkan informasi saja, tapi juga pelayanan kesehatan secara online atau jarak jauh. Contoh kecilnya seperti registrasi pasien saat ini dapat dilakukan secara online, sehingga proses pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien, yang tidak hanya menguntungkan bagi masyarakat atau pasien tersebut saja, tapi juga pasien lain dan petugas medis.

Dengan memiliki website, pelayanan kesehatan tidak hanya membantu peran pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan kesehatan saja, tapi juga sebagai bentuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan dengan memberikan beragam fitur serta benefit di dalam website baik bagi masyarakat maupun para tenaga medis. Namun mengapa meskipun banyak pelayanan kesehatan seperti rumah sakit yang tahu akan pentingnya sebuah website bagi rumah sakit serta sudah semakin banyaknya rumah sakit yang memiliki website tetapi pelayanan sekelas rumah sakit masih banyak juga yang belum memiliki website?